MUSABAQAH TILAWATIL QURAN NASIONAL KE XLIX TK. KOTA BANJARMASIN

HARI PERTAMA DAN HARI KEDUA - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLIX tingkat Kota Banjarmasin tahun 2017, Sabtu (13/05) pelepasan peserta pawai ta’ruf yang dilaksanakan pukul 14.30 WITA oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah di Siring Pemko Banjarmasin. Pada Upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLIX tingkat Kota Banjarmasin tahun 2017 pada pukul 21.30 WITA juga dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin dan dihadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin dan jajaran forkopimda, Ketua DPRD Kota Banjarmasin dan Kepala Kemenag Kota Banjarmasin serta masyarakat. Dalam rangkaian kegiatan Upacara Pembukaan MTQ, salah satunya penyerahan tropy bergilir oleh Camat Banjarmasin Selatan kepada Walikota Banjarmasin dan kemudian diserahkan kepada Camat Banjarmasin Timur.  Pelaksanaan MTQ tingkat Kota Banjarmasin dimulai sejak tanggal 13 mei s.d 16 mei 2017 di enam tempat yang berbeda dan diikuti 249 qori qoriah dengan 8 macam bidang . Pada hari Minggu (14/05), pukul 08.30 WITA untuk bidang MTQ dan Tahfizh gol. Anak dilaksanakan di Mesjid Hudaibiyah Jalan Manggis dengan 20 orang peserta Sedangkan untuk bidang Musabaqah Khattil Qur’an ( MKQ ) diikuti oleh 60 orang peserta dan Musabaqah Syahril Qur’an ( MSQ ) 30 orang peserta ( 10 regu ) dilaksanakan di MTs Al Ikhwan Jalan Veteran, pada bidang Qira’at Al-qur’an ( Qira’at Sab’ah ) yang dilaksanakan di Mesjid Al Ikhwan Jalan Veteran diikuti oleh 10 orang peserta . Sedangkan pada bidang Musabaqah Hifdzil Qur’an ( MHQ ) akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WITA bertempat Di Mesjid Al Mukhlisun Jalan Manggis Gg. Mangga dan diikuti oleh 40 orang peserta. Panggung Utama, Siring Pemko Banjarmasin juga akan dihadiri oleh 10 peserta dari bidang MTQ dan Tahfidz gol. Dewasa pada pukul 20.00 WITA.


HARI KETIGA DAN KEEMPAT - Pelaksaan lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tk. Kota Banjarmasin berjalan lancar. Senin (15/05) pukul 08.30 WITA dilaksanakan lomba pada Bidang MTQ dan Tahfizh gol. Remaja yang diikuti oleh 20 orang peserta bertempat di Mesjid Al Ikhwan Jl. Veteran sedangkan Bidang MTQ dan Tahfizh gol. 5 Juz & Tilawah, 20 Juz dan 30 Juz bertempat di Mesjid Al Mukhlisun Jl. Manggis dan diikuti oleh 20 orang peserta. Untuk Bidang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) diikuti oleh 30 orang peserta ( 10 regu ) bertempat di SMA Muhammadiyah 2 Jl. Manggis. Mesjid Hudaibiyah juga menjadi tempat lomba untuk bidang Musabaqoh Tartilul Qur’an ( MTQ ) yang diikuti oleh 20 orang peserta dan dimulai pada pukul 13.30 WITA. Sedangkan pada malam hari pukul 20.00 WITA, panggung utama (siring pemko banjarmasin) diisi dengan lantunan ayat-ayal Al-Qur’an yang dibawakan oleh 7 orang peserta dari bidang MTQ gol. Dewasa.
Hingga malam penutupan MTQ tingkat Kota Banjarmasin, Selasa (16/05) panggung utama ( Siring Pemko Banjarmasin ) dipenuhi para peserta dan penonton dengan antusias luar biasa. Kegiatan ini juga dihadiri Oleh Walikota Banjarmasin, Wakil Walikota Banjarmasin, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin dan jajaran forkopimda, Disampaikan oleh Camat Banjarmasin Timur dalam sambutan bahwa semua cabang kegiatan telah dapat terselesaikan pada waktu dan tempat sesuai dengan apa yang telah di jadualkan dari tanggal 13 Mei sampai dengan acara penutupan pada tanggal 16 Mei 2017 dan ucapan terima kasih kepada Walikota, Bapak Wakil Walikota Banjarmasin serta Sekda Kota Banjarmasin yang telah memberikan arahan dan dukungan penuh hingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses.
Pada kegiatan ini, pengumuman pemenang pada masing-masing bidang dibacakan oleh para Dewan Hakim dan penyerahan hadiah dilakukan oleh Walikota Banjarmasin dan Istri, Wakil Walikota Banjarmasin dan Istri, Sekretaris Daerah dan istri kepada para pemenang. Hadiah paket umrah dari pemko banjarmasin diberikan kepada peraih Juara Umum I Tilawah yaitu M Rizqon dari Kecamatan Banjarmasin Selatan yang juga mendapatkan kehormatan untuk mewakili Indonesia dalam kegiatan MTQ Internasional di Turki, Juara Umum II Tilawah yaitu Gusti Aisya Nor Khalisa dari Kecamatan Banjarmasin Selatan, Juara Umum I Tahfizh yaitu  Sofia Mawaddah Al Insyirah dari Kecamatan Banjarmasin Timur, Juara Umum II Tahfizh M Hifzi Abdillah dari Kecamatan Banjarmasin Selatan. Selain itu, penyerahan piala bergilir oleh Walikota Banjarmasin kepada Camat Banjarmasin Selatan sebagai juara umum daerah dalam lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Kota Banjarmasin. Untuk MTQ 2018, Kecamatan Banjarmasin Tengah terpilih menjadi tuan rumah. 
































Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services